Sunday, August 24, 2014

[TIPS] Melepas Ban Hyosung Karion sekalian ganti ban dalamnya

Ban Gambot Hyosung Karion kena paku/sekrup tajam
Gara-gara tukang tambal ban pinggir jalan gak ada yang mau mencoba untuk menambal ban Hyosung Karion saya yang bocor karena tertusuk paku, mereka langsung menyerah begitu melihat tampilan ban luar belakang Karion yang super gambot.
Saya sudah mencoba ke 5 (lima) orang tukang tambal ban tapi semua gak ada yang mau membantu, ada saja alasan tukang tambal ban menolak bantu, tangan lagi sakit lah, gak bisa lah, berat lah, gak sanggup lah de el el, maka dengan berat hati saya mencoba untuk melakukan sendiri pembongkaran ban dalam Karion dirumah. Setelah dicoba sendiri ternyata GAMPANG BINGIT,...!!!!
Berikut TIPS cara melepas ban Belakang Karion, sekaligus ganti ban dalamnya, yuk simak:

Pertama-tama siapkan dulu kunci-kunci dan peralatannya:
1. Kunci shock 23 berikut gagangnya atau kalau gak ada pake kunci pas 23 juga boleh.
2. Kunci pas 10-12
3. Obeng minus besar 2 buah buat cungkil ban, atau plat pipih juga boleh yg penting kuat.
4. Tang jepit
5. Palu untuk memukul batang baut as roda
6. Silet atau cutter untuk membuang lapisan karet di pentil ban dalam
7. Amplas kasar untuk membersihkan kampas rem.
8. Pompa ban sepeda atau kalau ada kompresor angin lebih bagus.
9. Bor listrik dengan mata bor nya (bila diperlukan).

Langkah pembongkaran / pelepasan ban Belakang Hyosung Karion.
1. Ganjal bagian tengah motor dengan sesuatu boleh balok, batu apapun yang penting roda belakang bisa bebas (lihat gambar 1) saya pakai ban serep mobil tuh.
Gambar 1 ganjal bagian tengah motor
2. Ada tiga mur yang harus dilepaskan (lihat tanda panah di gambar 2).
Gambar 2 mur yang harus dilepaskan (tanda panah)
3. Lepaskan mur besar ukuran 23 menggunakan kunci shock atau kunci pas (lihat gambar 3), lepaskan juga dua mur kecil untuk penahan tuas rem kaki dan juga penahan tromol rem.
Gambar 3, lepas mur besar ukuran 23
4. Setelah mur 23 terlepas dorong batang baut as roda menggunakan palu, pukul aja terus ke arah dalam sampai lepas, hati-hati dibagian dalam ada spacer dua buah kiri dan kanan.
5. Setelah batang baut lepas maka ban bisa digerakkan ke arah depan untuk melepaskan rantai dari gir nya, setelah itu tarik ban kearah luar/belakang.
6. Kemudian cari dan cabut biang keladi dari ban bocor, pakai lah tang lalu tarik keluar (lihat gambar 4).
Gambar 4, cabut biang keladi ban bocor pakai tang
7. Untuk melepaskan ban dalam, ban harus diinjak-injak supaya bagian bibir ban tidak nempel ke dinding velk (lihat gambar 5), lakukan terus sampai ban lepas dari pinggir velk (lihat gambar 6).
Gambar 5, injak ban sampai lepas dari dinding velk luar
Gambar6, Ban sudah terlepas dari dinding luar velk
8. Setelah bagian bibir ban lepas dari dinding pinggir velk maka kita tinggal mencungkil bibir ban dari dinding velk menggunakan dua buah obeng minus besar (lihat gambar 7).
Gambar 7, cungkil bibir ban menggunakan obeng minus besar
9. Saat ban sudah lepas dari velg maka kita tinggal melepas ban dalam dengan mudah, jangan lupa lepaskan mur penahan pentilnya dengan kunci 10, tarik ban dalam keluar dari dalam velk.
10. Periksa kondisi ban dalam, apakah masih bagus atau sudah banyak tambalan dan pangkal pentil apakah masih bagus atau sudah berkarat?? bila kondisinya sudah jelek, sebaiknya ban dalam diganti baru saja dengan yang baru (lihat gambar 8)

Gambar 8, kondisi pangkal pentil sdh berkarat 
11. Saya mencari ban original Karion agak sulit maka saya pakai ban dalam mobil merk Shiner-NSP ukuran 600/700 R-14 ini ban dalam punya kijang lama dan banyak ditukang tambal ban harga Rp. 70.000. (lihat gambar 9).

Gambar 9, ban dalam mobil kijang ukuran 600/700 - 14
12. Kalau pakai ban dalam mobil kita harus sedikit memotong karet lapisan di luar pentilnya supaya masuk ke lubang pentil di velk, saya gunakan cutter/silet untuk menipiskan dan membuang lapisan karet ban didinding pentil (lihat gambar 10).
Gambar 10, penipisan lapisan karet menggunakan cutter
13. Bisa juga memperbesar lubang pentil di velk dengan cara di bor menggunakan bor listrik (lihat gambar 11) jadi gak perlu untuk memotong lapisan karet diluar pentilnya.
Gambar 11, gunakan bor listrik untuk memperbesar lubang pentil di velk
14. Pasang ban dalam ke lubang pentil yang ada di velk motor, atur agar semua ban bisa masuk kedalam velk dengan sempurna, lalu pasang ban ke dinding velk menggunakan obeng besar dua buah, setelah bibir ban duduk pada dinding velk maka tambahkan angin pada ban dalam yang sudah dipasang tadi.
15. Periksa kebocoran dengan memberikan air sabun pada ban bagian luar dan area pentil ban dalam, pastikan semua baik dan aman.
16. Pasang kembali ban belakang Karion tersebut ke motornya, jangan lupa kampas rem belakang dan tromolnya juga dibersihkan menggunakan amplas lalu bersihkan juga kotoran yang menempel.
17. Pasang batang baut as roda berikut dengan semua mur yang tadi dilepaskan keposisi semua, atur juga rantai dan gir supaya duduk dengan sempurna, bila kurang baik bisa disetel bautnya di ujung garpu belakang.

Demikian TIPS cara melepas roda belakang Hyosung Karion sekaligus mengganti ban dalamnya, semoga bermanfaat buat kita,...

Keep Rolling


Saturday, August 02, 2014

[TIPS] Yuuk bersihkan filter bensin Mitsubishi Kuda 2000cc MPI

Gambar 1 Filter bensin Kuda 2000cc MPI
Bila tiba2 mobil mitsubishi Kuda rekan2 mati mendadak, padahal bensin kondisi cukup malah full dan tidak ada tanda2 kelistrikan mobil bermasalah, kemungkinan problem nya terdapat pada filter bensin yang sudah kotor.
Kadang kala gejala awal nya adalah mesin kurang tenaga dan ada sedikit tersendat saat pedal gas kita tekan untuk menambah accelerasi atau kecepatan kendaraan, namun bagi orang awam dan kurang mengerti masalah mobil gejala ini kurang dipahami.
Berikut informasi tentang filter bensin Mitsubishi Kuda,  apa sih perbedaannya antara filter bensin Mitsubishi Kuda 1600cc karburator dan 2000cc MPI:
-          Filter Kuda 1600cc :
1.       Terbuat dari bahan plastik.
2.       Ukurannya agak kecil.
3.       Penyambungan nya dengan saluran BBM menggunakan klem.
-          Filter Kuda 2000cc :
1.       Terbuat dari bahan metal atau besi.
2.       Ukurannya agak besar.
3.       Penyambungan nya dengan saluran BBM menggunakan baut dan mur.

Dalam kondisi original bawaan pabrik, posisi filter bensin kedua Mitsubishi Kuda Bensin ini ada dibawah kolong nempel dengan chassis bagian kiri, Kuda Bensin 1600cc agak kedepan dekat roda kiri sedangkan Kuda Bensin 2000cc ada persis ditengah tengah chassis. Kedua nya agak sulit dikontrol kebersihannya, makanya dulu saya pernah kasih TIPS untuk mindahin filter bensin Kuda 1600cc keruang mesin untuk memudahkan pemeriksaan, lebih jelasnya klik aja link berikut ini.....


Sekarang yuk kita bersihkan sendiri filter bensin kendaraan Mitsubishi Kuda kita, kali ini saya ulas untuk pembersihan filter bensin Mitsubishi Kuda Bensin, baik yang karburator 1600cc maupun yang MPI 2000cc.

Siapkan dulu alat2 yang diperlukan,
1.       Untuk Kuda 1600cc paling gampang, cuma butuh tang jepit untuk membuka klem dan obeng plus atau minus bila klem sudah diganti yang model baut.
2.       Untuk Kuda 2000cc diperlukan Kunci 12, kunci 14 dan kunci 19 untuk membuka cover atau penutup filter dan juga sambungan baut filter dari pipa BBM
3.       Jangan lupa siapkan juga cairan pembersih seperti carburator cleaner untuk menyemprotkan bagian dalam filter.
4.       Lebih bagus lagi kalau ada kompressor angin untuk membersihkan filter nya.

Langkah pembongkaran filter bensin Mitsubishi Kuda 2000cc MPI:
1.       Lepaskan baut 12 untuk membuka cover atau penutup filter bensin (lihat tanda panah di gambar 2)

Gambar 2, melepas cover Filter Bensin
2.       Setelah cover terlepas maka akan terlihat filter bensin yang tersambung dengan pipa saluran BBM disebelah kiri arah tangki BBM sedangkan disebelah kanan arah mesin.
3.       Lepaskan baut 14 pipa BBM arah mesin dan tahan filter bensin dengan kunci 19 (lihat gambar 3).
4.       Lepaskan juga baut 19 pipa BBM arah tangki dan tahan filter bensin dengan kunci 19 juga, hati2 disini terdapat ring kuningan jangan sampai hilang jumlahnya ada 2 ring kuningan.

Gambar 3, sambungan Pipa BBM terhadap filter bensin
5.       Setelah semua baut terlepas, maka filter bensin dapat dilepaskan.
6.       Kocok-kocok filter bensin dengan tangan lalu tiup dengan angin bertekanan dari lubang arah mesin (OUT) ke arah lubang tangki (IN).
7.       Awas jangan sampai terbalik menyemprotkan angin nya harus dari arah OUT ke IN, supaya kotoran dapat terdorong keluar, lihat kotoran yang keluar dari filter (gambar 4)
8.       Isi filter dengan cairan bensin yang bersih atau semprot dengan carburator cleaner lalu kocok kocok dan berikan angin bertekanan dari OUT ke IN, (lihat gambar 5)

Gambar 5 semprotkan carburator cleaner utk pembersihan
9.       Lakukan berulang – ulang sampai dirasa filter sudah bersih.
10.   Kemudian pasang filter keposisi semula, urutan pasang kebalikan dari urutan melepas.

Gambar 4 kotoran yang keluar dari dalam filter bensin

Demikian TIPS cara membersihkan filter bensin Mitsubishi Kuda, kalau filter kondisinya sudah sangat kotor sebaiknya segera diganti dengan yang baru untuk mendapatkan performa mesin Mitsubishi Kuda kita selalu Prima,...


Keep Rolling KUDA KLUB – REScue177
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails