Friday, September 30, 2011

[TIPS] Tambahan absorber di kap mesin Mitsubishi Kuda

Ada tips menarik yang bisa diaplikasikan pada mobil MPV dan SUV yang memiliki mesin dibagian depan seperti Kijang, Panther, Kuda, Tavera, Blazer, Livina, Pajero Sport, dll.

Tips ini sudah diaplikasikan oleh temen2 di Kuda Klub, khususnya boss Erik - KK47, sebagai orang pertama yang melakukan penambahan di kap mesin Kuda biru nya.

Menurut Erik, shock utk kap motor bisa dibeli di shop n drive, yang utk kijang sekitar 300rb .... jgn bilang buat kuda karena montirnya pasti bilang ga bisa..... pokoknya beli aja, gampang kok pasang sendiri, tinggal bolongin buat baut 10 (liat fotonya) di fender dan baut satunya ikut di baut dudukan kap.

Ukuran cuma 1 macem, memang khusus utk kap mesin kijang, merk X-drive pro (buatan kayaba)



Fungsi dari absorber ini adalah untuk memudahkan kita dalam membuka kap mesin, jadi tidak memerlukan tenaga extra untuk mengangkatnya sangat cocok buat para kaum hawa, jadi gak capek waktu mau periksa mesin dan komponen lainnya.

Bagaimana sih cara pasang absorber tambahan tersebut dan apa saja yang perlu disiapkan untuk tools/kunci2nya berikut ulasannya.

PERSIAPAN:

1. Beli absorber buat kap mesin atau orang biasa menyebut kap motor di shop and drive, hanya ada satu jenis tapi pada dasarnya bisa diaplikasikan untuk semua jenis mobil.

2. Siapkan tools atau kunci2 yaitu kunci pas atau kunci shock 10, alat bor dan mata bor buat melubangi bagian plat yang dekat fender.

3. Siapkan baut 10 sebanyak 2 buah, bisa beli di toko bangunan atau toko besi terserah deh, atau minta tetangga juga boleh.

PROSES PEMASANGAN:

1. Buka kap mesin / kap motor dan pasang hangernya pada lubang yang ada.

2. Lubangi plat yang dekat fender (GAMBAR 1) kira-kira posisinya sedikit lebih maju kedepan dari posisi baut 10 yang ada.

3. Lakukan pengeboran disisi fender yang satunya lagi, posisinya sama persis dengan yang sebelumnya.

4. Pasang absorber pada lubang yang telah dibuat (sisi bawah yang braketnya 1  baut).

5. Lepaskan 2 buah baut yang memegang kap mesin, hati-hati kap mesin turun dan dapat melukai kaca atau body kendaraan.

6. Pasang absorber pada lubang baut yang ada di kap mesin (sisi atas yang braketnya 2 baut) gunakan baut kap mesin yang tadi dilepaskan, dan kencangkan (GAMBAR 2).

7. Kencangkan baut2 yang tadi dipasang jangan sampai ada yang kendor.

8. Lakukan pada sisi yang satunya lagi, tidak perlu mengencangkan terlalu kuat secukupnya saja asal jangan kendor, nanti bisa lepas saat terkena getaran mesin.

9. Coba lepaskan hanger kap mesin, pastikan absorber dapat menahan kap mesin dengan baik.

10. Turun naikkan kap mesin, pemasangan yang baik kap mesin dapat naik dengan sendirinya saat dibuka, kalau kurang baik posisi abosrber bisa di setel dari posisi 2 baut yang ada di kap mesin.

11. Atur sampai kap mesin dapat naik dan turun dengan mulus, tanpa sentakan dan halangan.

Selamat mencoba.









Tuesday, September 27, 2011

[Paper Car] Nissan Juke


Paper Car Nissan Juke
 Buat yang hobby dan seneng sama Nissan Juke, ini ada paper carnya.
Silakan di donlot dan di print berwarna, trus potong dengan gunting mengikuti alurnya.
Siapkan lem, terus bentuk dan lipat sesuai garis yang ada.... Awas jangan sampai terlipat dan lecek ya.

Silakan mencoba.....
Ini petunjuk car melipatnya



Cara melipat dan membentuknya


New Sunshade, Penghalang sinar panas matahari di mobil



Bosan dengan bentuk sunshade yang itu-itu aja, dimana bentuknya yang kita kenal kalau tidak kotak ya bundar. Warnanya juga monoton biasanya berwarna perak atau silver dengan lapisan mengkilat untuk memantulkan sinar matahari.

Paling banter ada tulisan promosi produk dibagian luarnya.
Namun sekarang sudah ada car sunshade dengan gambar yang atraktif dan juga menghibur. Kalau kita lihat secara lurus sepertinya ada orang didalam mobil kita, tapi sesungguhnya itu hanya gambar saja.

Selain tampilannya bagus hal ini juga bisa mengecoh orang yang melihatnya.....
Yuuk simak photo-photonya...

Thursday, September 22, 2011

Brosur Colt Diesel Jadoel FE101 tahun 1979

Brosur truk Colt Diesel FE101, cikal bakal si kepala kuning
Ini ada satu lagi brosur langka truk Colt Diesel kepala Kuning tahun 1979, bentuk brosur sederhana sekali dengan warna dasar kertas kuning dan tulisan biru serta gambar dengan tinta hitam.
Tulisan dibrosur adalah GOLDEN POWER 90, yang artinya truk ini memiliki daya atau power 90PS.
Truk FE101 ini merupakan generasi pertama truk kepala kuning yang dikeluarkan PT.Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku distributor resmi di Indonesia, yang sampai saat ini merupakan raja jalanan dan warna truk terfavorit.
Sebelum truk FE101 ini diluncurkan masyarakat mengenal colt diesel T200, atau colt diesel bagong yang warnanya adalah hijau telur asin.
Enjoy my Collection

Spesifikasi truk FE101


Friday, September 09, 2011

11 Mobil buatan lokal yang seharusnya sudah dikembangkan di Indonesia

1. Maleo
Ditangani oleh menristek BJ Habibie pada tahun 1996 dengan harga patokan ditarget tidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau masyarakat, Habibie pun memutar otak untuk merancangnya mulai dari mesin yang berkapasitas 1300 cc, komponen lokal diatas 80%. Dan untuk mematangkan rencana tersebut dia menggandeng pabrikan mobil dari Australia untuk melakukan riset dengan satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy anak bungsu presiden Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti.

2. Timor S2
Timor ini merupakan Lulusan sedan timor yang udah lulus S1 trus lanjut S2 :ngakak
Meskipun pada awalnya mengambil utuh KIA Sephia sebagai produk awalnya namun Timor telah menyiapkan sendiri rancangan Mobnas generasi keduanya yang dirancang oleh rumah desain Zagato Italia, namun terhenti juga langkahnya akibat Krisis Moneter 1998 dan kejatuhan rezim ayahnya.

3.Bakrie B-97
Grup Bakrie pun pernah menyiapkan mobil rancangannya berjenis MPV yang mana desain rancang bangun kendaraan ini telah dilakukan di Inggris, bahkan satu unit mobil contoh pun sudah dibuat dan diuji coba di sana, namun belum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998 sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan.

4. Macan
Gambarnya bukan macan, tapi truk P E R K A S A buatan PT. Texmaco
Kendaraan sejenis MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco, dengan menggandeng Mercedes Bens PT. Texmaco mengeluarkan kendaraan ini, dan satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco keburu gulung tikar.

5. Gang car
Dari PT. DI, meskipun bidang usahanya membuat pesawat tapi PT. DI juga membuat mobil imut berkapasitas 2 orang ditenagai mesin 125-200 cc yang didesain bisa masuk gang-gang sempit di perkotaan. namun sayang proyek ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI dilanda kemelut dan merumahkan 9000-an karyawannya.

6. Marlip
Mobil listrik buatan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memang fenomenal karena menggunakan energi alternatif selain BBM yaitu listrik. namun sayang modelnya masih jauh dari harapan sebuah mobil, entah apa yang ada dibenak orang-orang LIPI menampilkan mobil dengan energi alternatif tapi dengan desain sekelas bengkel las pinggir jalan, itulah Marlip.

7. Gea
City car produksi bareng PT Inka dan BPPT menggunakan mesin 650 cc yang merupakan mesin asli buatan dalam negeri dari hasil riset BPPT dengan nama "Rusnas" dan karena masih dalam tahap pengembangan maka body mobil masih menggunakan fiberglass. Namun apakah setelah produksi masal nanti mereka akan menggunakan baja dengan Model seperti ini?.... Harus diingat orang membeli mobil bukan karena mesinnya saja, tapi juga tampilannya yang menarik.

8. Arina
Karya Universitas Negeri Semarang (Unnes). Bisa dibilang langkah berani yang diambil akademisi dengan menciptakan sebuah mobil mendahului Perguruan tinggi sains ternama di Indonesia seperti ITB dan ITS, dan desain bodynya juga lebih menarik dibanding Gea dan Marlip, Namun mengandalkan mesin motor 150 - 250 cc sebagai penggeraknya? Tampaknya pihak Unnes harus memikirkan mesin yang memiliki kapasitas silinder lebih besar namun irit untuk menggendong body berkapasitas 4 penumpang, minimal 500 cc.

9. Tawon
Diciptakan oleh produsen gas pertama di Indonesia PT Super Gasindo Jaya, dengan sumber bahan bakar bensin dan gas. Penciptanya merencanakan mobil ini untuk mengganti bajaj, hmmm.. cukup seimbanglah bila disandingkan dengan bajaj malah bisa dibilang lebih bagus, namun untuk dijual komersial apalagi dengan harga Rp 48 juta nggak menjamin mobil ini bisa diterima pasar.

10. Komodo
Dari PT. Fin Tetra Indonesia, Layaknya seekor binatang purba dari zaman pra sejarah yang masih tinggal di bumi, maka tampilan Mobil Komodo pun garang, dan memang kendaraan tersebut di desain untuk menjelajah medan offroad. Namun sebenarnya kendaraan ini bukan masuk kategori mobil lebih pas kategori ATV bahkan mesinnya pun lebih kecil dari ATV, hanya 180 cc.

11. Esemka Digdaya
Yah sesuai namanya mobil ini adalah hasil karya anak-anak SMK 1 Singosari Malang, kendaraan ini berjenis MPV dan siapa sangka mobil hasil karya anak SMK yang nota bene masih berumur 16-17 tahun ini begitu sempurna melebihi produk mobnas pabrikan lainnya dalam PPI 2009 Di Kemayoran Jakarta. Meskipun mesinnya masih menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc itu cuma masalah kecil, karena tinggal menggantinya saja dengan mesin berkapasitas lebih besar dengan komponen lokal yang tinggi, dijamin harga jualnya akan terjangkau. Dua jempol untuk SMK 1 Singosari Malang.

Wednesday, September 07, 2011

Plat Nomor Antique,.. dan bisa dibaca


Kumpulan plat nomor cakep and antique, lucu juga kalo baca plat nomor ini,...
ada yang bisa berarti nama yang punya mobil, tempat kerja, hobby pemilik mobil tsb, dll

Enjoy,...



Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails