Tuesday, March 15, 2016

Solar Non Subsidi Produksi Pertamina - DEXLITE


Tuesday, Mar 15, 2016 | 393 views
Aktualita.co – Saat ini PT Pertamina (persero) mengumumkan akan menjual varian solar baru produksi mereka. Solar ini pada awalnya akan diberi nama solar lite tetapi kemudian dibatalkan karena solarlite sudah digunakan oleh produk atap sehingga terkendala merek dagang. Hingga kemudian produk ini diberi nama Dex-lite yang diklaim memiliki kualitas yang lebih bagus dari solar subsidi yang selama ini dijual Pertamina.
Rencananya, pada tahap awal Pertamina akan menjual Dexlite dengan volume 3.000 kiloliter (KL). Terkait hal tersebut, Pertamina sudah mengajukan perizinan peluncuran produk baru solar ini ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang mengungkapkan kelebihan dari Dexlite dibandingkan produk solar subsidi. Dexlite bakal memiliki angka cetane 51, sedikit di bawah Pertamina Dex yang memilki angka cetane 53, tetapi lebih tinggi dari angka cetane solar subsidi yang hanya 48. Kandungan sulfur dalam Dexlite juga akan lebih sedikit yakni hanya 1.000-1.200 BPM, sementara solar subsidi mencapai 3.000 BPM.
Bagaimana dengan kandungan fatty acid methyl eter/FAME yang pada solar mencapai 20% sehingga dianggap biang kurang bertenaganya solar?. Menurut Bambang Dexlite masih mengandung FAME tetapi ditambah zat aditif yang menghilangkan dampak negatif FAME. “Aditif akan menghilangkan sifat mudah membeku FAME dan menaikkan angka cetane,” jelasnya.

Mengenal Bilangan Cetane
Jika pada bensin, salah satu cara untuk melihat kualitasnya adalah melihat bilangan oktan (RON) maka pada solar salah satu kualitasnya adalah melihat bilangan cetana (setana) atau cetana number. Pada dasarnya pengertian cetana adalah tingkat kepekaan bahan bakar terhadap detonasi (ledakan) pada mesin diesel.
Makin tinggi angka cetane bahan bakar tersebut makin mudah terbakar pula sehingga kinerja mesin diesel lebih baik dan juga emisi lebih sedikit karena  pembakaran berlangsung lebih baik.
Harga Solar DexLite
Sebenarnya, produk ini mengingatkan kita dengan Pertalite pada bensin yang diklaim lebih baik dari Premium tetapi masih dibawah Pertamax baik kualitas maupun harga. Demikian halnya dengan Dexlite yang lebih baik dibandingkan solar subsidi tetapi harganya dibawah Pertamina Dex.
Bagi pertamina, solar subsidi masih akan tetap dijual tetapi dexlite menyasar pengguna pribadi yang menginginkan solar yang lebih baik tetapi harganya tidak semahal Pertamina Dex.  Dengan demikian, pertamina berasumsi dengan hadirnya dexlite maka beban subsidi pemerintah akan berkurang.

Lalu berapa harga Dexlite? Saat ini belum diumumkan berapa harga Dexlite tetapi jika melihat harga solar adalah Rp 5.650 sedangkan harga Pertamina Dex adalah Rp. 9.850 bisa jadi kisaran harga Dexlite ada diharga Rp.8000an.


No comments:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails