Wednesday, November 10, 2010
[TIPS] Membersihkan rem tromol belakang
Umumnya mobil2 MPV seperti kijank, xeniavanza, Kuda dan juga mobil Pick up hampir semuanya mengaplikasikan rem tromol dibagian roda belakangnya.
Selain murah dari segi cost berdasarkan perhitungan pabrik pembuat kendaraan, rem blakang tromol ini juga masih dianggap mumpuni untuk melakukan kerja pengereman.
Nah sekarang kita coba yuuuk membersihkannya sendiri, kita bersihin rem Mitsubishi Kuda kita, caranya gampang siapkan dulu alat dan kunci2 yang diperlukan antara lain:
1.Kunci roda dan kunci pas 10/12
2.Dongkrak
3.Palu yang ukurannya sedang
4.Amplas kasar
5.Baut 10 atau 12 (tergantung lubang yg ada di tromol)
Urutan bongkarnya v>sebagai berikut:
1.Tempatkan kendaraan pada lantai yang rata/kuat
2.Kendurkan baut roda dengan menggunakan kuncinya
3.Dongkrak kendaraan, atur posisi dongkrak awas jangan sampai melejit.
4.Lepaskan roda belakang.
5.Pukul dengan palu tromol pada bagian luarnya (jangan lupa rem tangan dilepaskan)
6.Kalau tromol tidak bisa dilepaskan bantu dengan baut 10 atau 12 dan kencangkan dengan kunci pas sampai tromol terdorong keluar secara otomatis(lihat tanda lingkaran pada gambar dibawah ini)
7.Setelah tromol lepas bersihkan debu sisa kampas rem dengan angin atau bisa juga ditiup (awas debu sangat berbahaya bagi kesehatan tutuplah hidung).
8.Gosok kampas rem dengan amplas kasar sampai permukaannya tidak licin lagi (biasanya warna kampas rem akan sedikit menjadi cerah).
9.Gosok juga permukaan bagian dalam tromol menggunakan amplas yang sama sampai terlihat guratan-guratan halus pada permukaan dalam tromol.
10.Bersihkan tromol dan kampas rem dengan cara ditiup dari sisa debu yang menempel.
11.Periksa juga apakah karet master rem ada yang bocor...? kalau bocor segera ganti sebelum rem menjadi blong, kalau ragu dan gak bisa ganti sendiri ya ke bengkel aja.
12.Lumasi ujung2 kampas rem yang menyentuh master rem setelah itu pasang kembali tromol ke posisi semula.
13.Jangan lupa lumasi sedikit dengan gemuk permukaan tromol bagian luar yg ada baut rodanya (lihat photo) fungsinya adalah untuk menghindari velk sulit dibuka saat ban kempes dll.
14.Terakhir pasang roda dan kencangkan bautnya, kencangkan baut secara bersilangan secukupnya lalu turunkan dongkrak.
15.Kencangkan baut roda secara penuh dan selesai deh,....
Selamat mencoba ya....
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih
1 comment:
Mantab nih topiknya DIY,
Salam kenal bos ditunggu kunjungan baliknya di http://yamatoikwan.blogspot.com/
sama sama blog otomotif siapa tau bisa sharing berbagi artikel ... :)
Post a Comment