Saturday, January 22, 2011

[TIPS] Engine Warming up apakah masih perlu,..???


Sebagian orang menganggap harus dilakukan warming up khususnya pada pagi hari untuk mendapatkan performa mesin yang optimal sebelum mobil dijalankan.
Ada sebagian lagi bilang gak perlu karena mesin teknologi yang sekarang sudah mengaturnya secara otomatis dan keadaan mesin akan berbeda saat mesin dingin dan mesin sudah panas.
Jadi kira-kira mana yang beneeeeer niiiih.....???
Disini jawabannya tidak ada yang salah artinya semua BENAR,..!!! Tetapi,...ada tetapinya niiih,..tergantung mobilnya dulu mobil tua yang masih pake sistem bahan bakar karbu apa mobil keluaran terbaru yang sudah pakai Injeksi.

1.Mobil teknologi jadul / konventional / karburator
Untuk mobil2 jaman dulu dimana teknologi yang diadopsi belum canggih, dan sistem pelumasannya juga masih mengandalkan pompa oli konventional yg digerakkan 2 buah gear, maka warming up sangat diperlukan, fungsinya adalah untuk memberikan waktu kepada pompa oli untuk mengalirkan oli mesin keseluruh saluran yang ada sehingga mesin menjadi terlumasi dan gesekan yang ditimbulkan menjadi minimal dan efek keausan komponen dapat dihindari.
Apalagi karburator juga perlu diaktifkan chokenya untuk memperkaya pengabutan bahan bakarm sehingga mesin mudah dihidupkan.
Warming up juga jangan lama-lama cukup max.5 menit saja.


2.Mobil teknologi terbaru / komputerisasi ECU / Injection
Sementara kalau mobil teknologi baru, semua diatur oleh komputer yang namanya ECU (Engine Control Unit), dimana setiap keadaan mesin akan selalu dikontrol oleh yang namanya sensor yang tersebar di sekujur mesin.
Makanya saat mesin dingin settingan injeksi bahan bakar akan berbeda bila mesin sudah panas, sensor Air Flow dan temperature engine berperan.
Begitu juga saat posisi kendaraan ada di pegunungan atau di dekat pantai settingan nya juga berbeda disini fungsi barometric pressure sensor yg berperan.
Jadi mobil2 teknologi baru Gak usah warming up,..start mesin bisa langsung jalan.

Kalau udah tau makanya jangan ikutan latah mobil baru di panasin juga mesinnya haaaaalaaaah,..malah buang-buang bahan bakar aja,...bahan bakar mahal tauuuu,...
jangan dibuang-buang okeeeeeh.....

2 comments:

Unknown said...

terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami Mobil Baru honda

sukses selalu

Edo Suhartanto said...

Kalo mesin diesel?

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails