Sunday, August 24, 2014

[TIPS] Melepas Ban Hyosung Karion sekalian ganti ban dalamnya

Ban Gambot Hyosung Karion kena paku/sekrup tajam
Gara-gara tukang tambal ban pinggir jalan gak ada yang mau mencoba untuk menambal ban Hyosung Karion saya yang bocor karena tertusuk paku, mereka langsung menyerah begitu melihat tampilan ban luar belakang Karion yang super gambot.
Saya sudah mencoba ke 5 (lima) orang tukang tambal ban tapi semua gak ada yang mau membantu, ada saja alasan tukang tambal ban menolak bantu, tangan lagi sakit lah, gak bisa lah, berat lah, gak sanggup lah de el el, maka dengan berat hati saya mencoba untuk melakukan sendiri pembongkaran ban dalam Karion dirumah. Setelah dicoba sendiri ternyata GAMPANG BINGIT,...!!!!
Berikut TIPS cara melepas ban Belakang Karion, sekaligus ganti ban dalamnya, yuk simak:

Pertama-tama siapkan dulu kunci-kunci dan peralatannya:
1. Kunci shock 23 berikut gagangnya atau kalau gak ada pake kunci pas 23 juga boleh.
2. Kunci pas 10-12
3. Obeng minus besar 2 buah buat cungkil ban, atau plat pipih juga boleh yg penting kuat.
4. Tang jepit
5. Palu untuk memukul batang baut as roda
6. Silet atau cutter untuk membuang lapisan karet di pentil ban dalam
7. Amplas kasar untuk membersihkan kampas rem.
8. Pompa ban sepeda atau kalau ada kompresor angin lebih bagus.
9. Bor listrik dengan mata bor nya (bila diperlukan).

Langkah pembongkaran / pelepasan ban Belakang Hyosung Karion.
1. Ganjal bagian tengah motor dengan sesuatu boleh balok, batu apapun yang penting roda belakang bisa bebas (lihat gambar 1) saya pakai ban serep mobil tuh.
Gambar 1 ganjal bagian tengah motor
2. Ada tiga mur yang harus dilepaskan (lihat tanda panah di gambar 2).
Gambar 2 mur yang harus dilepaskan (tanda panah)
3. Lepaskan mur besar ukuran 23 menggunakan kunci shock atau kunci pas (lihat gambar 3), lepaskan juga dua mur kecil untuk penahan tuas rem kaki dan juga penahan tromol rem.
Gambar 3, lepas mur besar ukuran 23
4. Setelah mur 23 terlepas dorong batang baut as roda menggunakan palu, pukul aja terus ke arah dalam sampai lepas, hati-hati dibagian dalam ada spacer dua buah kiri dan kanan.
5. Setelah batang baut lepas maka ban bisa digerakkan ke arah depan untuk melepaskan rantai dari gir nya, setelah itu tarik ban kearah luar/belakang.
6. Kemudian cari dan cabut biang keladi dari ban bocor, pakai lah tang lalu tarik keluar (lihat gambar 4).
Gambar 4, cabut biang keladi ban bocor pakai tang
7. Untuk melepaskan ban dalam, ban harus diinjak-injak supaya bagian bibir ban tidak nempel ke dinding velk (lihat gambar 5), lakukan terus sampai ban lepas dari pinggir velk (lihat gambar 6).
Gambar 5, injak ban sampai lepas dari dinding velk luar
Gambar6, Ban sudah terlepas dari dinding luar velk
8. Setelah bagian bibir ban lepas dari dinding pinggir velk maka kita tinggal mencungkil bibir ban dari dinding velk menggunakan dua buah obeng minus besar (lihat gambar 7).
Gambar 7, cungkil bibir ban menggunakan obeng minus besar
9. Saat ban sudah lepas dari velg maka kita tinggal melepas ban dalam dengan mudah, jangan lupa lepaskan mur penahan pentilnya dengan kunci 10, tarik ban dalam keluar dari dalam velk.
10. Periksa kondisi ban dalam, apakah masih bagus atau sudah banyak tambalan dan pangkal pentil apakah masih bagus atau sudah berkarat?? bila kondisinya sudah jelek, sebaiknya ban dalam diganti baru saja dengan yang baru (lihat gambar 8)

Gambar 8, kondisi pangkal pentil sdh berkarat 
11. Saya mencari ban original Karion agak sulit maka saya pakai ban dalam mobil merk Shiner-NSP ukuran 600/700 R-14 ini ban dalam punya kijang lama dan banyak ditukang tambal ban harga Rp. 70.000. (lihat gambar 9).

Gambar 9, ban dalam mobil kijang ukuran 600/700 - 14
12. Kalau pakai ban dalam mobil kita harus sedikit memotong karet lapisan di luar pentilnya supaya masuk ke lubang pentil di velk, saya gunakan cutter/silet untuk menipiskan dan membuang lapisan karet ban didinding pentil (lihat gambar 10).
Gambar 10, penipisan lapisan karet menggunakan cutter
13. Bisa juga memperbesar lubang pentil di velk dengan cara di bor menggunakan bor listrik (lihat gambar 11) jadi gak perlu untuk memotong lapisan karet diluar pentilnya.
Gambar 11, gunakan bor listrik untuk memperbesar lubang pentil di velk
14. Pasang ban dalam ke lubang pentil yang ada di velk motor, atur agar semua ban bisa masuk kedalam velk dengan sempurna, lalu pasang ban ke dinding velk menggunakan obeng besar dua buah, setelah bibir ban duduk pada dinding velk maka tambahkan angin pada ban dalam yang sudah dipasang tadi.
15. Periksa kebocoran dengan memberikan air sabun pada ban bagian luar dan area pentil ban dalam, pastikan semua baik dan aman.
16. Pasang kembali ban belakang Karion tersebut ke motornya, jangan lupa kampas rem belakang dan tromolnya juga dibersihkan menggunakan amplas lalu bersihkan juga kotoran yang menempel.
17. Pasang batang baut as roda berikut dengan semua mur yang tadi dilepaskan keposisi semua, atur juga rantai dan gir supaya duduk dengan sempurna, bila kurang baik bisa disetel bautnya di ujung garpu belakang.

Demikian TIPS cara melepas roda belakang Hyosung Karion sekaligus mengganti ban dalamnya, semoga bermanfaat buat kita,...

Keep Rolling


No comments:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails