Sunday, January 21, 2018

BT-38 Mitsubishi Fuso Bus Traktor pertama di Jepang

BT-38 Bus Tractor pertama buatan Mitsubishi Fuso tahun 1932
Teknologi transportasi begitu berkembang saat ini, sampai-sampai yang namanya bus penumpang sudah begitu modern dan mewahnya dan kita sudah dimanjakan dengan perkembangan teknologi tersebut, alhasil perjalanan panjang tidak melelahkan dan kepuasan akan diperoleh.

Dahulu kala produsen kendaraan penumpang jenis bus banyak mengambil platform dari kendaraan truck, awalnya memang kendaraan truck lah yang dibutuhkan untuk angkutan orang dan juga barang.
Dengan fenomena ini, Mitsubishi Fuso salah satu produsen kendaraan niaga di Jepang ditahun 1932 meluncurkan gabungan kendaraan BUS dan TRUCK TRACKTOR, maka lahirlah BT-38 Mitsubishi Fuso Bus Tractor pertama di Jepang.

BT-38 ini dilihat sebagai inovasi cemerlang dan jawaban potensial untuk masalah transportasi jalan raya regional pada saat ekonomi di Jepang baru saja mulaimenanjak keluar dari masa depresi.
Bagaimana untuk mendapatkan sejumlah kecil orang dan barang ke tempat-tempat yang tidak secara langsung dilayani oleh jaringan kereta api dan bagaimana melakukannya agar lebih ekonomis? BT-38 yang didesign untuk mengangkut penumpang dan barang agaknya merupakan solusi yang sangat tepat waktu itu.
bagian belakang BT-38 ada semacam pengait utk trailer
BT-38 ini merupakan gabungan antara bus jenis tertutup dengan kapasitas 28 orangdengan truck trailer barang kapasitas 6 ton yang digandengkan pada bagian belakang bus. Bobot sasis dari BT-38 itu sendiri adalah 3300kg dan jarak wheel base 3,8meter, sementara mesin yang digunakan adalah tipe mesin bensin TU6 dengan kapasitas 100PK pada 2200rpm.

Saat unit BT-38 pertama beroperasi, konsumen banyak menuntut untuk dilakukan penyempurnaan pada kecepatan dan kemudahan manuver, karena banyak sekali dikeluhkan penumpang lamanya proses bongkar muat barang ke trailer dibelakang.
Dari keluhan2 tersebut akhirnya Mitsubishi hanya memproduksi 12 unit BT-38 saja.

No comments:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails