Sunday, January 06, 2013

[TIPS] Pintu Kuda tidak bisa dibuka dari luar? setel aja....


setel rod agar pintu bisa dibuka dari luar
Kadang kala sejalan dengan usia kendaraan Mitsubishi Kuda yang sudah beranjak tuwa, ada aja masalah yang dihadapi para joki pemilik Mitsubishi Kuda.
Salah satunya adalah pintu yang kerap sulit dibuka dari luar, beda lagi kasusnya kalau pintu tidak dapat dibuka dari dalam mungkin system "CHILD LOCK" belum dibebaskan.
Oia,..mau jelasin dikit ttg mekanisme "CHILD LOCK" ini, dimana sistem ini sdh ada sejak lahir di Mitsubishi Kuda dan tidak ada di kompetitornya yang sekelas. Fungsi nya adalah dimana pintu tidak dapat dibuka dari dalam untuk faktor keamanan/safety khususnya buat anak-anak yang suka buka pintu saat mobil melaju.
Bahaya kan kalau mobil lagi jalan tiba-tiba pintu dibuka sama anak kita,..wah!!!!

Kembali kemasalah pintu yang tidak dapat dibuka dari luar, kemungkinan penyebabnya ada di mekanisme setelan "door handle rod" yang terlalu jauh/panjang.
Gejala awal mekanisme door handle rod perlu disetel adalah stroke/langkah tarikan pada saat membuka pintu menjadi lebih panjang, kalau ini dibiarkan terus akibatnya handle pintu bisa patah dan pintu tidak bisa dibuka.
Untuk melakukan penyetelan door handle rod ada dua tahap, sebagai berikut:
1. Membuka door trim pintu 
Langkahnya ikuti photo - photo penjelasan dibawah ini
Setelah komponen tersebut diatas terlepas semua, door trim bisa dilepaskan dengan menariknya kearah dalam bisa dibantu dengan mengungkit klip plastiknya pakai obeng minus besar , awas hati-hati biasanya klip door trim yg terbuat dari plastik mudah patah karena sdh getas, tapi gapapa kok ganti aja yang baru beli di toko onderdil harganya murah cuma 1000 perak satu biji.

2. Membuka door handle
Langkahnya ikuti photo-photo penjelasan dibawah ini.

Setelah door handle terlepas maka setel door handle rod agar langkahnya menjadi pendek dengan memutarnya, atur jaraknya sedemikian rupa agar saat pintu dibuka  tidak perlu menariknya lebih panjang (lihat poto dibawah ini).
 Setelah di setel door handle rodnya coba pasang kembali door handle keposisi semula dengan memasang 2 bautnya dan lakukan ujicoba dengan menarik pintu dari luar,..kalau sdh lancar dan ok pasang door trim, pemasangannya kebalikan dari mebuka.

Selamat melakukan penyetelan sendiri, gak perlu kebengkel cuma buat beginian aja,...
Semoga berhasil dan selamat mencoba

1 comment:

kweda69 said...

Mantap.. Terima kasih Juragan. atas Tips2 nya.
Sangat membantu sekali.

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails