Seperti yang pernah saya ulas di TIPS beberapa waktu yang
lalu untuk mengetahui bunyi-bunyi cit-cit-cit saat kendaraan dihidupkan
terutama di pagi hari, seperti link berkut ini:
Tips kali ini adalah lanjutan dari informasi TIPS diatas,
dimana bila penggunaan air, wax maupun belt dressing tetapi belt masih bunyi
juga berarti itu belt harus di setel ulang ketegangannya, bagaimana caranya..?
ikuti langkah berikut.
1.
Periksa lah ketegangan belt dengan cara
menekannya dengan jari tangan, kalau belt kendur maka akan terasa lendutan belt
yang jauh kearah dalam. Lakukan penekanan dengan kekuatan normal kira-kira 10kg
(lihat gambar-1).
2.
Nilai standard kelenturan dari belt bila ditekan
dengan tenaga 10kg kira-kira 7.5-8.5 mm untuk posisi A dan 9.5-10.5 mm untuk
posisi B, lebih jelasnya bisa lihat table nilai standard dibawah ini.
3.
Bila ternyata belt tidak standard kelenturannya
bisa dilakukan penyetelan sbb:
3.1. Kendurkan
Tension Pulley Fixing Nut (mur dibagian tengah-tengah pulley).
3.2. Setel
kelenturan dari belt dengan memutar adjusting bolt dibagian atasnya, setelah
dirasa cukup maka selanjutnya
3.3. Kencangkan
kembali Tension Pulley Fixing Nut.
Momen pengencangan 3.9 Kgm
4.
Periksa kembali ketegangan dari belt apakah
sudah baik, setel ulang bila dirasakan masih kurang pas ketegangannya.
PERHATIAN: Lakukan pemeriksaan
ketegangan belt setelah memutar crankshaft satu putaran atau lebih , sesuai
dengan arah putaran mesin kearah kanan (searah jarum jam).
No comments:
Post a Comment