Monday, December 07, 2015

[TIPS] Cara membersihkan Throttle Body Mitsubishi Kuda

Gambar 1, Throttle Body Mitsubishi 4G63 MPI engine
        Sekian lama kendaraan berjalan tentunya banyak komponen akan termakan usia dan kotor sudah pasti disana sini, untuk mendapatkan performa kendaraan yang selalu baik sudah sepantasnya kendaraan di rawat, jangan cuma bisanya pakai saja.

         Salah satu komponen yang layak untuk diperhatikan adalah THROTTLE BODY atau body katup (lihat gambar 1) yang ada di kendaraan Mitsubishi bermesin MPI 2000cc, ambil contoh di Mitsubishi Kuda yang berkode mesin 4G63 MPI, yuk simak cara dan langkah pembersihannya sebagai berikut.

Siapkan dulu tools dan alat yang dibutuhkan:
      1.       Kunci pas 10-12
      2.       Socket 12 dan handlenya
      3.       Obeng kembang, lebih bagus kalau ada kunci obeng shock
      4.       Carburetor cleaner
      5.       Sikat kawat, kuas dan atau sikat gigi bekas.
      6.       Lap bersih

Langkah pembongkaran throttle body dan pembersihannya:
      1.       Lepaskan throttle body dari intake system kendaraan menggunakan kunci shock dan kunci pas yang telah disiapkan.
      2.       Lepaskan juga hose air yang terpasang dengan mengendurkan klemnya lalu tarik selang tersebut secara perlahan, biasanya kalau jarang dibuka selang ini akan sedikit sulit dilepas karena pipa air sudah keropos dan banyak endapan karat (lihat gambar 2).
Gambar 2, pipa air di Throttle Body, keropos
      3.       Setelah throttle body assy terlepas sempurna (lihat gambar 3), kemudian lepaskan ISC Servo dari throttle body assy dengan menggunakan obeng kembang putar secara hati-hati karena biasanya screw nya agak keras. Lebih bagus gunakan kunci obeng shock utk melepaskannya.
Gambar 3, Throttle Body Assy sudah terlepas dari kendaraan
      4.       Perhatikan bagian dalam dari ISC Servo yang telah terlepas dari throttle body (lihat gambar 4), maka akan terlihat endapan kotoran yang dapat mengganggu kerja dari ISC Servo tersebut, segera bersihkan.
Gambar 4, lepaskan ISC Servo dari Throttle Body Assy
      5.       Coba bandingkan kondisinya antara ISC Servo yang baru dengan yang terpasang di mobil kita (lihat gambar 5), jauh sekali bukan..!!!
Gambar 5, Perbandingan ISC servo yang baru dan yang terpasang di mobil
      6.        Semprot semua bagian dalam dari throttle body dan juga ISC Servo menggunakan cairan Carburetor Cleaner sampai kotoran terlepas (lihat gambar 6), ulangi beberapa kali sampai semua bagian bersih, bila perlu gunakan lap bersih / sikat kawat / sikat gigi bekas untuk menyeka bagian-bagian yang masih kotor. Bisa juga menggunakan angin bertekanan untuk menghilangkan kotoran yang ada.
Gambar 6, Gunakan Carb Cleaner untu membersihkan Throttle Body
      7.       Pastikan semua lubang yang ada di throttle body maupun ISC Servo dibersihkan menggunakan Carburetor Cleaner, dan jangan sampai ada yang luput dari perhatian (lihat gambar 7). 
Gambar 7, Semua lubang harus bersih dan disemprot Carb Cleaner
      8.       Bila semua telah bersih dari kotoran dan debu segera rakit kembali ISC Servo pada throttle body dan jangan sampai ada bagian yang terlewatkan.

      9.       Pasang kembali throttle body assy ke posisi semula di intake system, setelah itu hidupkan mesin beberapa saat, sesekali injak pedal gas dan kecepatan mesin menjadi normal seperti sedia kala.


      10.   Bila setelan mesin dirasa berbeda maka bisa minta bantuan bengkel untuk memeriksa kondisi mesinnya menggunakan Scanner bisa saja karena kondisi throttle body sudah bersih maka perlu disesuaikan kecepatan idling dari mesin.

No comments:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails