Gambar 1, Throttle Body Mitsubishi 4G63 MPI engine |
Sekian lama kendaraan berjalan tentunya banyak komponen akan
termakan usia dan kotor sudah pasti disana sini, untuk mendapatkan performa
kendaraan yang selalu baik sudah sepantasnya kendaraan di rawat, jangan cuma bisanya
pakai saja.
Salah satu komponen yang layak untuk diperhatikan adalah THROTTLE
BODY atau body katup (lihat gambar 1) yang ada di kendaraan Mitsubishi bermesin
MPI 2000cc, ambil contoh di Mitsubishi Kuda yang berkode mesin 4G63 MPI, yuk
simak cara dan langkah pembersihannya sebagai berikut.
Siapkan dulu tools dan alat yang dibutuhkan:
1.
Kunci pas 10-12
2.
Socket 12 dan handlenya
3.
Obeng kembang, lebih bagus kalau ada kunci obeng
shock
4.
Carburetor cleaner
5.
Sikat kawat, kuas dan atau sikat gigi bekas.
6.
Lap bersih
Langkah pembongkaran throttle body dan pembersihannya:
1.
Lepaskan throttle body dari intake system
kendaraan menggunakan kunci shock dan kunci pas yang telah disiapkan.
2.
Lepaskan juga hose air yang terpasang dengan
mengendurkan klemnya lalu tarik selang tersebut secara perlahan, biasanya kalau
jarang dibuka selang ini akan sedikit sulit dilepas karena pipa air sudah
keropos dan banyak endapan karat (lihat gambar 2).
Gambar 2, pipa air di Throttle Body, keropos |
3.
Setelah throttle body assy terlepas sempurna (lihat gambar 3), kemudian lepaskan ISC
Servo dari throttle body assy
dengan menggunakan obeng kembang putar secara hati-hati karena biasanya screw
nya agak keras. Lebih bagus gunakan kunci obeng shock utk melepaskannya.
Gambar 3, Throttle Body Assy sudah terlepas dari kendaraan |
4.
Perhatikan bagian dalam dari ISC Servo yang
telah terlepas dari throttle body (lihat gambar 4), maka akan terlihat endapan
kotoran yang dapat mengganggu kerja dari ISC Servo tersebut, segera bersihkan.
Gambar 4, lepaskan ISC Servo dari Throttle Body Assy |
5.
Coba bandingkan kondisinya antara ISC Servo yang
baru dengan yang terpasang di mobil kita (lihat gambar 5), jauh sekali
bukan..!!!
Gambar 5, Perbandingan ISC servo yang baru dan yang terpasang di mobil |
6.
Semprot
semua bagian dalam dari throttle body dan juga ISC Servo
menggunakan cairan Carburetor Cleaner sampai kotoran terlepas (lihat gambar 6),
ulangi beberapa kali sampai semua bagian bersih, bila perlu gunakan lap bersih
/ sikat kawat / sikat gigi bekas untuk menyeka bagian-bagian yang masih kotor.
Bisa juga menggunakan angin bertekanan untuk menghilangkan kotoran yang ada.
Gambar 6, Gunakan Carb Cleaner untu membersihkan Throttle Body |
7.
Pastikan semua lubang yang ada di throttle
body maupun ISC Servo dibersihkan menggunakan Carburetor Cleaner, dan
jangan sampai ada yang luput dari perhatian (lihat gambar 7).
Gambar 7, Semua lubang harus bersih dan disemprot Carb Cleaner |
8.
Bila semua telah bersih dari kotoran dan debu
segera rakit kembali ISC Servo pada throttle body dan jangan sampai ada
bagian yang terlewatkan.
9.
Pasang kembali throttle body assy ke
posisi semula di intake system, setelah itu hidupkan mesin beberapa saat,
sesekali injak pedal gas dan kecepatan mesin menjadi normal seperti sedia kala.
10.
Bila setelan mesin dirasa berbeda maka bisa
minta bantuan bengkel untuk memeriksa kondisi mesinnya menggunakan “Scanner”
bisa saja karena kondisi throttle body sudah bersih maka
perlu disesuaikan kecepatan idling dari mesin.
No comments:
Post a Comment