gambar penampang Fan Clutch |
Mesin panas bisa ada beberapa sebab boss antara lain adalah:
1.Air radiator kurang, kalo kurang tambahin dong,..cek tiap hari oke.
2.Fan Belt kendor, ini biasanya diawali mesin bunyi mencicit,.cit...citt malu ah.... kayak ada tikus kejepit,....kencengin dong.
3.Fan silikon udah mencair, ini sulit dideteksi khususnya bagi yang awam banget dengan mesin.
Nah point ke 3 ini yang akan dibahas,..yuk periksa,..periksa.
Caranya adalah sebagai berikut:
1.Coba cek putaran kipas atau bahasa kerennya FAN dengan tangan, mesin harus mati nich,..
Kalo rasanya ngelos aja dan gak ada tahanan kayak seret gitu,...itu berarti silikon udah cair.
2.Sekarang hidupkan mesin dech,..rasakan hembusan anginnya apakah sampai ke arah belakang
mesin,..biasanya kalo silikon udah cair hembusannya jadi kurang dan dia tidak bisa ngedinginin
air yang ada di radiator arti kata hisapannya lemah gitu.
Untuk point 2 diatas memang agak sulit kalo untuk orang awam,..makanya harus sering2 cari temen yang ngerti untuk diminta bantuannya periksain atau tanya2 di milist otomotif.
Sekarang kalo memang kondisi diatas sudah terasa yuk bongkar sendiri fan clutchnya untuk ganti itu silikon yang sudah cair.
Siapin dulu alat dan bahannya:
1.Kunci pas ukuran 10-12, kunci shock juga boleh dengan ukuran 10 dan 12.
2.Beli silikon di toko onderdil cukup beli 2 botol aja, tuh liat photonya diatas.
Catatan:
Silikon oil perlu 2 (DUA) botol saja, jangan diisi lebih dari dua atau malah diisi satu botol, karena kalau kurang, efek overheat akan terjadi lagi.
Sementara kalau diisi lebih dari dua ingat ya lebih dari dua, itu fan clutch akan "NGELOCK" terus walaupun kondisi mesin idling, artinya nanti ada timbul suara gemuruh karena fan clutch ngelock terus atau menjadi satu terus seperti di las... Gak enak kan suara gemuruh terdengar sampai kabin,...
Sekarang mulai bongkar:
1.Lepaskan juga 4 buah baut fan clutch pake kunci 10 yang nempel ke pulli.
2.Fan beltnya juga dilepas, kendorin baut yang di alternator pake kunci 12.
3.Setelah itu fan clutch bisa dilepaskan kemudian bongkar diluar.
4.Lepaskan 8 baut fan yang nempel ke fan clutch pake kunci 10, lalu lepaskan keduanya.
5.Nah nanti keliatan dech kalo silikonnya udah cair akan berubah warna jadi coklat.
6.Bersihkan dengan dicuci yang bersih atau diseka pakai lap bersih juga oke.
7.Awas ada o-ring karet jangan sampai putus.
8.Isi silikon sebanyak 2 botol kedalam fan clucth lalu tutup, kencengin lagi 8 bautnya.
9.Pasang lagi keposisi semula sesuai urutan bongkarnya.
10.Liat aja dech potonya oke
Untuk pasangnya kebalikan urutan bongkar, setelah dipasang semua cek dech hembusan anginnya sama rasakan tendangan silikon saat fan diputar pake tangan.
Keep rolling kuda-klub
4 comments:
Mistsu Kuda saya, sudah saya ganti radiator baru, oli silicone oke.
Saya coba perjalanan siang hari dan medan tanjakan jarak +- 100km, temperatur tidak naik, tetapi sampai rumah air cadangan habis, radiator berkurang 1/2 liter.
apa disebabkan karena termostart dilepas?
waktu mesin dingin distart tidak ada air mucrat (silender head normal ya?)
Mohon solusinya kenapa airnya bisa berkurang?
budwear@yahoo.com
Thanks
Gan Achenk177..Ane mau tanya nih...gara2 Fan Ane ditambah oli silikonnya ...kok malah jadi menderu2 suaranya kayak kijang super...dan mesin jadi berat, suara berisik....lantas oli dikurangi...sekarang kalo berhenti jadi naik temperaturnya.....sebetulnya berapa ya ukuran /banyaknya Oli Silikon?...terima kasih ya sebelumnya
kan sudah dijelaskan diatas, cukup 2 botol saja,...kalao kebanyakan nanti fan seperti terkunci fungsi silikon jadi gak ada sama aja spt fan di las menjadi satu otomatis suara menjadi menderu dan mesin jadi berat,...
Salam kenal pak, saya mau coba ganti sendiri oli silicon di kuda bensin 2ooocc saya. Saya sudah dapatkan oli nya. Terdapat tulisan
OIL SILICON
08816-05000
5000 Cst. Net 18ml
TOYOTA GENUINE PARTS
Apakah oli ini dapat digunakan juga ke kuda saya? Kalau ya, apakah 2 botol yg bpk maksud ukuran 18ml juga? Mohon pencerahannya, saya khawatir oli ini tidak sesuai? Sebelumnya saya ucap terima kasih...
Post a Comment