Sunday, November 12, 2017

[TIPS] Pasang pompa electric (ROTAX) di Mitsubishi Kuda 1600cc Karbu.


Ada beberapa pengalaman kurang mengenakkan para penunggang Mitsubishi Kuda, dimana secara tiba-tiba dan tanpa peringatan apapun mesin Kudanya mati dan tidak mau hidup, khususnya ini terjadi di Mitsubishi kuda tipe Gasoline atau KB (Kuda Bensin).

Salah satu biang kerok problem tersebut adalah pompa bahan-bakar yang MATOT alias Mati Total dan gak mau hidup. Posisi pompa bahan bakar KB adalah di dalam tanki dimana posisinya agak sulit dijangkau apalagi untuk para driver yang pengetahuan tekniknya sangat terbatas. Alhasil mobil harus diderek.

Untuk mengatasi problem diatas penulis sempat diskusi dengan pakarnya mobil Mitsubishi dan saya biasa panggil dia bro R-B-I (Rahmat B-I), diskusi ini berlangsung sudah cukup lama kira-kira 3 tahun lalu atau tepatnya tahun 2015 mohon maaf baru di posting sekarang TIPS nya.

Beliau ini pernah bekerja sebagai mekanik di salah satu bengkel ATPM di seputaran cempaka putih Jakarta Pusat, pernah juga menjabat sebagai mekanik mobil rally saat rame-ramenya world rally di Indonesia dan saya udah kenal cukup lama dengan beliau sejak ikut OJT (On The Job Training) tahun 1990, saat ini beliau adalah Head of Service di PT.BAS .
Brother RBI my coleague
Berikut ini adalah TIPS dari bro R-B-I untuk para pengguna Mitsubishi Kuda Bensin 1,6 untuk pemasangan Pompa Bensin elektrik (Rotax) di luar tangki.

Siapkan dulu alat dan komponen yang diperlukan.
1.      Pompa bensin elektrik atau ROTAX beli di toko parts harga kisaran 150-250ribu merk biasa atau Denso.
2.      Selang bensin panjang kira-kira 1 meter potong jadi dua bagian.
3.      Filter bensin universal yang biasanya terbuat dari plastic putih.
4.      Klem untuk selang bensin 4 buah.
5.      Kabel warna merah kira-kira 1,5 meter dan isolasi kabel.
6.      Socket plastik universal untuk 1 kabel  berikut terminal kuningannya.


Langkah persiapan sebelum pemasangan.
1.      Potong selang bensin menjadi 2 bagian (A) dan (B).
2.      Lepaskan dulu selang bensin original nya (X) dimana selang ini awalnya terpasang dari pipa bensin ke arah karbu.
3.      Ujung selang bensin original (X) pasang ke Filter bensin universal (OUT).
4.      Pasang  ujung selang bensin (A) ke pipa bensin yang dari tangki, posisi pipa bensin ada dibagian bawah deket dinding firewall kemudian pasang kan ke Filter bensin universal (IN).
5.      Langkah persiapan nomor 1-4 itu pernah diulas pada TIPS terdahulu dimana judul TIPS nya adalah pindahkan filter bensin Mitsubishi kuda keatas seperti link berikut ini.


6.      Dari sini mobil sudah bisa dioperasikan seperti semula, lanjut ke persiapan pemasangan pompa bensin elektrik alias rotax
7.      Pastikan posisi rotax tidak miring dan rata sehingga tidak mengganggu supply bahan bakar.
8.      Pasang ujung selang bensin (B) ke pipa rotax (OUT), sementara ujung pipa rotax (IN) biarkan saja tutup dengan penutup originalnya.
9.      Hubungkan kabel minus rotax ke body, cari posisi yang mudah dijangkau.
10.   Sementara kabel plus rotax yang ada socketnya biarkan dan posisikan ditempat aman.
11.   Hubungkan kabel plus merah untuk power dengan kabel yang ada di socket harness seperti gambar dibawah ini, lalu isolasi dengan rapat


12.   Ujung lain dari kabel plus merah nanti dihubungkan ke soket kabel plus rotax.   



DISAAT EMERGENCY, DIMANA POMPA BENSIN MATOT MAKA LAKUKAN LANGKAH-LANGKAH BERIKUT:

No comments:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan kesan dan pesan...!!! Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails